Ngopi di Kedai Kopi Barista Jalanan Bali

Yuk Ngopi!

Saya mungkin terbilang awam untuk urusan kopi dan tetek-bengeknya. Setahu saya, kopi dinikmati ya, dengan menyeduh serbuknya menggunakan air panas, juga gula secukupnya. Itu saja, tidak lebih. Jangan tanya apa itu latte, expresso, v-sixty dan sebutan-sebutan aneh lainnya tentang kopi. Sudah pasti saya akan menjawab tidak tahu. 

Kedai kopi paling senja "Barista Jalanan"


Bahkan, waktu masih berstatus mahasiswa dulu, saya pernah  memperhatikan obrolan beberapa teman yang  'gila kopi'. Mereka mulai membicarakan jenis dan ragam biji kopi, mulai dari arabica hingga robusta. Dan yang membuat saya heran dan tak habis pikir, bisa-bisanya mereka mempersoalkan hitungan serta angka-angka dalam hal menyeduh kopi. "Lha mau minum kopi kok ribet banget?" pikir saya waktu itu. 

Namun,  ibarat kapal yang berlayar jauh dan merindukan dermaga, kopi-kopi itu pun akhirnya memperkenalkan diri dan rasanya kepada saya.
Perkenalan itu, bermula ketika seorang teman mengajak  untuk menikmati segelas kopi di salah satu kedai  miliknya yang berada di jalan Kerobokan, Bali. Kedai itu bernama Barista Jalanan.

Main catur sambil ngopi juga paling bisa kok


Gelas-gelas kosong tanpa kopi yang pahit adalah hampa


Di sana, saya disuguhi segelas kopi long black,  yang berwarna hitam pekat, dan beraroma kopi arabica kintamani yang khas. Selain itu rasa kopi yang sedikit pahit dan rasa asam yang kuat, nyatanya mampu 'menyentil' ujung-ujung syaraf di kepala saya untuk bereaksi terhadap kafein yang dihasilkan oleh seduhan kopi tersebut. 

Panjang lebar bercerita dan ngobrol banyak  tentang kopi, nyatanya masih banyak hal yang belum saya ketahui tentang si biji yang mulanya dibawa oleh Belanda ke Indonesia pada  abad ke 18 lalu itu. 

Kopi, ternyata tidak hanya sekedar dinikmati sebagai minuman saja, namun juga cerita yang patut didengar oleh setiap penikmatnya. Mulai darimana biji kopi itu berasal, bagaimana proses perawatan, masa panen, pasca panen, hingga proses penyeduhan dan penyajian ke dalam gelas seduh yang biasa kita nikmati.

"Kopi itu sensitif, dan eksotis" ujar mas Juna, salah seorang barista di kedai kopi Barista Jalanan, sambil  meracik kopi-kopi tersebut dengan telaten.

Ngopi!

Latte Art karya Barista Jalanan, Keren!

Mendengar cerita dan penjelasan panjang lebar tentang kopi, ternyata tak sesederhana yang saya kira selama ini. Ya  maklum, bagi kita yang keseringan ngopi 'sasetan' pasti bakalan 'kagok' dengan model kopi yang semacam ini. Hm.. makin penasaran dengan si Kopi.

Untungnya, Mas-mas barista di kedai kopi Barista Jalanan bermurah hati dan mau bercerita serta berbagi pengetahuan tentang kopi dan seluk beluknya. Kedai kopi Barista Jalanan sendiri buka mulai pukul 09:00 Wita hingga pukul 22:00 Wita. Di Sana, menyediakan beberapa pilihan menu, mulai dari latteexpressov-sixty dll. Yang diracik dari biji kopi asli Bali seperti Arabica Kintamani, Batukaru, Pupuan dan jenis biji kopi lainnya.


Harganya yang ramah buat kita-kita, yuk Ngopi!

Nyruput kopi sambil menikmati jalanan Kerobokan yang padat dan ramai, nyatanya memang pilihan yang pas. Apalagi temaram lampu pijar yang sengaja di pasang sebagai dekorasi menambah suasana 'cozy' menjadi lebih nikmat. Belum lagi iringan musik blues serta jazz yang di putar menambah suasana bersantai di Kedai Kopi Barista Jalanan jauh lebih nikmat.

 Jadi kapan nyobain kopi di Kedai Kopi Barista Jalanan Bali? Yuk, mari kita ngopi bareng.






Ngopi tidak hanya berbicara pahit dan pekatnya ia, namun Ngopi 
sejatinya ialah ngobrol dan mengolah pikir
-Getah Damar-



Comments

  1. Kedai kopi Barista cocok buat tongkrongan anak muda ya, ananda Supriyadi. Terima kasih telah berbagi informasi. Selamat pagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi juga ibu Nur, terimakasih sudah berkunjung. Memang ngopi lagi ngetrend dikalangan muda nih bu

      Delete
  2. Lah sama mas, aku juga sukanya ngopi sasetan, belum pernah bikin kopi yang hasil racik itu, soalnya belum pernah ke kafe.πŸ˜‚

    Ternyata kopi banyak jenisnya dan juga cara penyajian nya agar nikmat dan maknyus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas Agus, ternyata kopi itu sensitif terhadap perlakuan yang kita berikan. Yuk mas ngopi, sekali kali boleh lah ngopi d kafe ala ala

      Delete
    2. Mungkin harus ngopi di kafe sekali-kali kalo dapat gajian adsense ya mas, tapi sayangnya sudah hampir setahun Belum dapat.πŸ˜‚

      Tapi rasanya pasti beda sama yang sasetan biarpun namanya sama sama kopi ya.πŸ˜€

      Delete
  3. Kopi selalu jujur memberikan rasa yg apa adanya kepada setiap penikmatnya,,walau itu pahit sekalipun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, dalem banget sebenarnya makna dari secangkir kopi. Salam

      Delete
  4. metaforanya maen tenan mas supriyadi wekekekke...bagai kapal yang merindukan dermaga...tsah...

    oiya jadi ingat filosofi kopi deh kalau liat teman menjabarkan kopi dari jenis, bentukan, tekstur biji, rasa dan proses penyeduhan...kebayangnya jadi minum sesuatu yang filosofis hahhaha

    tapi aku ngertine juga ngopi sachetan doang..kopi mahal blom pernah nhombe aku wkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya mbak Mbul, biar gaya nulisnya ada seru-seruannya.

      Sepertinya mbak harus nyoba deh sekali-kali kopi yang gini-ginigan. Dan rasanya jauh lebih nikmat mbak. Badan juga enak ga ngerasa aneh apa lagi perut kembung. Salam mbak

      Delete
  5. It is a very cool cafe, I have never seen a drawing in the cafe so beautiful

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah my friend. The cafe is cool. there's a lot of cool coffee there too

      Delete
  6. Drawing in the coffeee Looks great! Also our Turkish Style coffee and coffee-fortune telling are very unique and popular here (i dont know whether Turkish style coffee is prepared there or not). Thanks for the infirmation.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks. it's true the picture is very interesting. If Turkey has such coffee, can you make an article later?
      Thanks for visiting

      Delete
  7. Waaah mas, kebetulan aku lagi ngebrowsing list2 tempat makan dan ngopi enak di Bali, soalnya tgl 26 Maret -1 apr bakal kesana.

    Aku termasuk suka kopi tapi ga terlalu ngerti juga jenis2 dan cara pembuatannya. Yang pasti aku blm bisa nikmatin kopi hitam tanpa gula 🀣. Mendingan yg semacam latte atau cappucino aja lah πŸ˜„. Aku catet dulu kopi yg ini, ntr coba datangi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw, boleh tu Kak. Kalau ke Bali bisa di agendakan. Lokasinya juga dekat dengan daerah wisata, canggu, kuta dan kerobokan.

      Delete
  8. Replies
    1. Thankyou, yes it's good coffee. if you visit bali, you can try it

      Delete
  9. Thx ulasannya tentang kopi dan kafe barista di Bali. Ternyata membicarakan kopi kompleks juga ya, bahkan ada filosofinya juga. Kopi sekarang dikemas lebih kekinian, bahkan tampilannya juga. Tentunya menjadikan kopi menjadi mahal hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pak, kopi ternyata ga seremeh yang saya kira. Dan banyak sekali hal-hal yang perlu diselami dari sebiji hingga ke secangkir kopi

      Delete
  10. Saya termasuk orang yang ngga ngerti kopi dan tidak terlalu suka minum kopi. Tapi tampilan latte art, kadang bikin saya kepingin untuk mencicipinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe betul kak, saya juga masih awam tentang kopi. Tapi kalau mau mengenal fan belajar pelan-pelan pasti akrab kok

      Delete
    2. @Khairunnisa....
      monggo dicicipi.... πŸ˜πŸ‘

      Delete
  11. enak suasananya... enjoy....

    Thank you for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Bang, suasana cozy banget. Jadi semakin betah buat ngopi. Terimasih sudah berkunjung

      Delete
  12. Jadi pengen icipin arabica kintamani πŸ˜‹πŸ˜‹ apalagi dengan suasana cafe yang hangat. padat, dan ramai seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Bener kak, kopi arabica kintamani memang enak. Apalagi rasa asamnya yang kentara dan khas, jadi mood makin oke. Salam kenal kak

      Delete
  13. Follow other people in your niche. Comment on their work. Ask them questions, so they recognize you and follow you back. Use relevant hashtags. I did all this, and my increase Instagram followers pretty fast.

    ReplyDelete
  14. Learn SQL training course ( SQL Server Training,SQL Programming, Database Development) with ISTQB SQL Certifications from Certified Software Testing Experts with 18+ Years Experience in SQL. Enroll Now.

    ReplyDelete
  15. Call Us To Request A Quote Today. Affordable Roof repair corpus Christi texas & Services. Call Us To Request A Quote Today. Find Quality Professionals! Free & Easy. Comprehensive Cost. Read Our Success Stories. Residential Roof Repairs, Roof Replacement, Roof Installations. Find Local Roofers.

    ReplyDelete
  16. Antraajaal is renowned Web Development Company Chandigarh. Custom web design and ecommerce websites created by our awesome development team. Web Designing in impressive way is not just a profession but passion for our Company.

    ReplyDelete
  17. Now if we start finding solutions to these errors we think of resolving them manually. But, doing this manually will waste your precious time. And we know how precious your time is, therefore, we value it. In that case for quick and instant support you can just connect to our Ticketmaster Customer Service Team by contacting us via Ticketmaster Phone Number.

    ReplyDelete
  18. Digichirag is a Chandigarh's web design & Best Mobile App Development Company Chandigarh. Since 2013, over 500 happy clients in India. We specialize in website designing.

    ReplyDelete
  19. sedapnya dapat nimati kopi di waktu2 begini...

    ReplyDelete
  20. https://eonlineads.com/0/posts/3-Services/20-Financial/1831179-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://letspostfree.com/0/posts/3-Services/20-Financial/988592-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://classifiedonlineads.net/0/posts/3-Services/20-Financial/1850542-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://ezclassifiedads.com/0/posts/3-Services/20-Financial/463855-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://greatclassified.com/0/posts/3-Services/20-Financial/533696-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://nextfreeads.com/0/posts/3-Services/20-Financial/567132-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://foldads.com/0/posts/3-Services/20-Financial/622172-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://postherefree.com/0/posts/3-Services/20-Financial/157001-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://freeadsonline.biz/0/posts/3-Services/20-Financial/1877932-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://classifieds4free.biz/0/posts/3-Services/20-Financial/1860515-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://getadsonline.com/0/posts/3-Services/20-Financial/1238962-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://posthereads.com/0/posts/3-Services/20-Financial/1129540-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html

    ReplyDelete
  21. https://globalclassified.net/0/posts/3-Services/20-Financial/2275231-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://eonlineads.com/0/posts/3-Services/20-Financial/1831183-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://classified4free.net/0/posts/3-Services/20-Financial/1126316-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://freeadshome.com/0/posts/3-Services/20-Financial/633823-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://classified4u.biz/0/posts/3-Services/20-Financial/738066-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://mypetads.com/0/posts/5-Horses-Ponies/35-Missouri-Fox-Trotter/2659765-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://freewebads.us/0/posts/3-Services/20-Financial/913081-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://fwebdirectory.com/0/posts/3-Services/20-Financial/1820503-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://www.adshoo.com/0/posts/3-Services/20-Financial/88213-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://www.adslov.com/0/posts/3-Services/20-Financial/1825773-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://www.petadshub.com/0/posts/5-Horses-Ponies/147-Others/2640975-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html
    https://ursads.com/0/posts/3-Services/20-Financial/117846-Best-Smm-Panel-in-world-upsmmpanel.html

    ReplyDelete
  22. Join Top Colleges for MBA Courses in Chandigarh, Punjab. GGS is among the best college for MBA in Punjab. Our aim is to provide the different functional areas of management to the students.

    ReplyDelete
  23. Best Photography workshop/Institute in Chandigarh, Photography Classes, premier institute to learn wedding/fashion photography. Weekly Photography workshops in Chandigarh
    Visit:- photography institute in Chandigarh

    ReplyDelete

Post a Comment

terimakasih telah membaca tulisan ini, saya sangat senang bila anda berkenan meninggalkan jejak. salam

yang lain dari getah damar