Mengapa Carabiner menggunakan satuan KN ?


Bagi pengiat alam bebas, khususnya orang-orang yang mengeluti bidang ketinggian, seperti panjat tebing, peniti lintasan satu tali/SRT (single rope technic), dan orang-orang yang menggunakan peralatan safety, biasanya tidak asing dengan alat yang bernama Carabiner.

Carabiner
Sumber: carabiner handbook


Carabiner sendiri adalah alat pengait yang memiliki penutup pegas. Pada umumnya Carabiner berbahan dasar dari perpaduan alumunium, namun ada juga beberapa carabiner yang berbahan dasar baja. Carabiner difungsikan dengan cara menjadikannya penambat pada sebuah tali yang dibebani.
Biasanya untuk memberikan informasi kekuatan carabiner kepada pengguna, produsen carabiner menuliskan pada bodi carabiner. Biasanya di bodi tertulis untuk daya tahan carabiner terhadap beban pada posisi normal vertical sebesar 24 KN, posisi dengan tidak normal atau horisontal sebesar 12 KN, dan dengan gate penutup terbuka sebesar 7 KN.


Kenapa Kilo Newton? Kenapa tidak kilogram? Bukanya beban yang ditanggung carabiner adalah sebuah berat? Itulah pertanyaan yang sering muncul dibenak kita saat pertama kali melihat dan menggunakan carabiner. Tentu saja, sebagai orang awam yang tidak familiar dan tidak tahu mengenai maksud dan tujuan dari penulisan simbol satuan ini pada carabiner akan menjadi bingung.
Seorang pemanjat dinding berusaha mengaitkan tali
pada carabiner

Dikutip dari  “the carabiner handbook” , ternyata beban yang dikenakan pada carabiner, bukanlah beban static, melainkan beban yang bersifat dinamis, yang ditimpakan secara vertical. Beban atau massa yang bekerja pada carabiner sendiri memiliki waktu percepatan. Atau berapa banyak beban yang berpindah dalam satu selang waktu dengan memperhatikan percepatan gravitasinya. Dengan kesimpulan ada gaya gravitasi yang bekerja pada beban dari carabiner.

Karena beban yang bersifat dinamis, mengalami perpindahan jarak dalam satu selang waktu, maka satuan yang dituliskan pada carabiner adalah Newton (N). Newton sendiri merupakan satuan dari gaya, diambil dari nama Sir Isaac Newton. Satu newton adalah besarnya gaya yang diperlukan untuk membuat benda bermassa satu kilogram mengalami percepatan sebesar satu meter perdetik.
1 KN=1 Kg.m.s-2

Jadi sudah paham kan, kenapa KN? Ringkasnya karena ada gaya gravitasi yang bekerja maka menggunakan satuan Newton. Sekian .

Sumber : carabiner handbook

Comments

Post a Comment

terimakasih telah membaca tulisan ini, saya sangat senang bila anda berkenan meninggalkan jejak. salam

yang lain dari getah damar